Mengetahui Gejala dan Perkembangan Stadium Kanker Serviks

273588_ilustrasi-kanker-serviks_663_382

Perkembangan dan Stadium Kanker Serviks – Sangat penting untuk mengenal tahapan-tahapan atau bisa disebut dengan istilah stadium kanker serviks. Tentunya hal ini akan sangat membantu untuk mempermudah rencana dan cara pengobatan yang lebih akurat serta dapat disesuaikan seberapa jauhkah kanker tersebut sudah menjalar kebagian bagian tertentu di organ intim wanita. Sampai sejauh ini, stadium kanker serviks telah diketahui memiliki 5 tingkatan.

Karsinoma in situ (CIS)

Karsinoma in situ yang berarti bahwa beberapa sel serviks telah mengalami perubahan. Namun hanya sel-sel abnormal yang mulai terdapat dan terkandung dalam lapisan permukaan serviks. Karsinoma in situ bukanlah kanker akan tetapi pada beberapa wanita tertentu akan mengalami perubahan yang dapat berkembang menjadi suatu kanker setelah beberapa tahun lamanya. Tentu saja ini sangat penting untuk mendapatkan penanganan maupun pengobatan secepatnya dan sesegera mungkin untuk karsinoma in situ.

Stadium Kanker Serviks 0 – Pada tingkatan ini, (karsinoma) baru ditemukan pada lapisan dari sel-sel yang melapisi jaringan epitel leher rahim. Karena tidak memiliki gejala apapun, banyak mereka yang akhirnya mengabaikan kanker leher rahim pada tingkatan ini. Bila sudah diketahui, pengobatan yang paling dianjurkan adalah radiasi, operasi laser, atau histerektomi.

Stadium Kanker Serviks 1 – Pada tingkatan satu ini, Invasi kanker masih terbatas pada serviks dan belum menyebar. Stadium satu ditandai dengan sel kanker yang hanya ada di serviks dan ukuran kelainan nya kurang dari 3 mm. Penderita kanker pada stadium ini biasanya diobati dengan metode radikal histerektomi atau radioterapi. Tingkatan ini pun dibagi menjadi dua yaitu tahap 1A dan tahap 1B. Pada stadium 1A, sel kanker berpenetrasi dan melebar. Lebar kanker dapat hingga < 7mm dan kedalamannya < 5mm. Berlanjut ke stadium 1B, terjadi peningkatan ukuran sel kanker yang signifikan.

Stadium Kanker Serviks 2 – Pada tingkatan dua ini, kanker telah mulai menyebar dan mulai menginvasi ke luar leher rahim ke dalam jaringan sekitarnya. Tapi belum tumbuh atau tidak mencapai ke dalam otot atau ligamen yang melapisi pelvis (dinding panggul), atau bagian bawah vagina. Diperkirakan 1/3 bagian bawah vagina sudah terserang kanker. Tingkatan ini pun dibagi menjadi dua yaitu tahap 2A dan tahap 2B.

Stadium Kanker Serviks 3 – Pada tingkatan tiga ini, Kanker serviks telah menyebar keluar rahim tapi masih berada didalam rongga panggul dan belum masuk sampai kandung kemih atau rektum. Namun kelenjar getah bening nya bisa saja sudah mengandung sel kanker. Kanker pada stadium ini adalah kanker yang tingkat dan gejalanya sudah semakin parah. Kanker mulai memperparah dengan menjalar ke dinding pelvis. Pada stadium ini, terjadi pula kegagalan ginjal atau disebut juga dengan hidronefrosis. Tingkatan ini pun dibagi menjadi dua yaitu tahap 3A dan tahap 3B.

Stadium Kanker Serviks 4 – Pada Tingkatan empat ini, Kanker serviks telah menyebar ke kandung kemih, rectum atau yang lainnya. Luas karsinoma sudah menyebar ke organ yang berdekatan dengan vagina, seperti mukosa kandung kemih atau dinding pelvis. Dalam beberapa kasus, sel-sel kanker ini pun akan menyerang organ-organ lain di dalam tubuh. Stadium 4 juga dibagi menjadi dua yakni 4A dan 4B berdasarkan tempat ditemukannya kanker.

Pengobatan Stadium Kanker Serviks

Setelah mengetahui tingkatan atau stadium kanker serviks yang diderita oleh pasien. Maka dokter akan memberikan penanganan yang sudah pasti berbeda-beda dan disesuaikan dengan stadium kanker serviks yang telah diketahui tersebut. Pembedahan ataupun pengangkatan jaringan yang mengandung sel kanker mungkin saja bisa dilakukan pada stadium awal.

Apabila kanker yang baru ditemukan pada stadium lanjut, maka dokter akan menganjurkan kemoterapi, radioterapi, ataupun kemoradioterapi. Bahkan walaupun bisa dinyatakan sembuh, terapi-terapi yang diberikan tersebut dapat mempengaruhi sel-sel sehat lainnya yang ada dalam tubuh dan beresiko meningkatkan terjadinya kanker yang baru lainnya.

Beberapa pengobatan yang lain dan sesuai untuk stadium kanker serviks antara lain:

  1. Cone Biopsi – Pemeriksaan kanker serviks dengan mengambil sedikit sel-sel pada leher rahim.
  2. Pemanasan – Biasa dilakukan dengan sinar laser ataupun diathermy.
  3. Pembedahan – Bagian-bagian yang terdapat karsinoma akan diangkat sehingga tidak dapat menyebar.
  4. Radioterapi – Tindakan pemberantasan sel-sel kanker dengan memanfaatkan sinar x berkekuatan tinggi. Metode ini dapat dilakukan secara eksternal ataupun nternal.

Karena sudah mengetahui berbahayanya kanker Serviks. Maka kita perlu mencegahnya, maka mohon disimak ulasan berikut ini.

Beberapa hal yang harus dan dapat dilakukan kaum hawa ataupun kaum perempuan dalam mencegah kanker serviks, antara lain:

  • Selalu menjaga kesehatan tubuh dan lingkungan.
  • Menjalani pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan yang cukup nutrisi dan bergizi.
  • Hindari pembersihan bagian genital atau daerah kewanitaan dengan air yang kotor.
  • Segera hentikan kebiasaan buruk merokok ( bagi para wanita ). karena 30 persen wanita perokok aktif adalah penderita kanker serviks. Zat kimia yang terkandung dalam rokok dapat menyebabkan infeksi virus kanker serviks. Kurangilah penggunaan sterofoam serta bahan plastik yang dipanaskan karena mengandung bahan kimia berbahaya.
  • Hindari berhubungan intim saat usia muda / dini, karena rentan terhadap penyakit.
  • Lakukanlah pemeriksaan pap smear minimal lakukan selama 2 tahun sekali, khususnya bagi yang telah aktif melakukan hubungan intim.
  • Setialah hanya kepada pasangan anda, jangan berganti-ganti pasangan ( khususnya berhubungan intim karena meningkatkan resiko terkena penyakit kanker serviks ).

Dan jika anda belum pernah melakukan hubungan intim, ada baiknya melakukan vaksinasi HPV.
Perbanyak mengkonsumsi makanan buah-buahan dan sayuran yang kandungan beta karotennya cukup banyak, vitamin c dan e.

Terima kasih untuk menyimak pembahasan mengenai stadium kanker serviks dan upaya atau tindakan yang dilakukan tergantung dengan tingkatan / stadium kanker Serviks tersebut. Usahakan agar Anda tetap waspada dan selalu menjalani gaya hidup sehat.

Semoga bermanfaat, Sabun LTV dapat membantu Anda para wanita untuk tetap menjaga kebersihan organ intim wanita, dan mencegah perkembangan sel kanker serviks.

Comments are closed.

Follow us on Facebook!